Ujian Nasional

Diposting oleh Yoga De'Aria Nugroho | 0 komentar»


Ujian Nasional ?? apaan tuh ? penting ?
Ujian Nasional atau yang disingkat UN ini merupakan salah satu factor penentu Kelulusan bagi siswa – siswi SD, SMP, dan SMA. Walaupun mulai tahun yang lalu, ada factor penentu tambahan untuk kelulusan yaitu Ujian Akhir Sekolah.
Menurut Peratuan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No 59/2011 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik pada Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah dan Ujian Nasional tahun 2011/2012, peserta didik dinyatakan lulus UN apabila nilai rata-rata dari nilai akhir minimal 5,5 dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0.
Nilai akhir diperoleh dari gabungan antara nilai Ujian Nasional dan nilai sekolah/madrasah (S/M) dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dengan perbandingan 40% untuk Ujian Sekolah/Madrasah dan 60% untuk nilai UN. Nilai sekolah/madrasah (S/M) merupakan gabungan dari 60% nilai Ujian Sekolah/Madrasah(US/M) dan 40% nilai rapor lima semester sebelumnya(I-V) untuk SMK/SMP dan tiga semester sebelumnya (III-V) untuk SMA/MA.

Proporsi nilai UN yang hanya memiliki andil 60% terhadap nilai kelulusan jika dihitung-hitung juga akan menghasilkan kriteria pencapaian yang masih rendah. Misalkan seorang siswa mendapatkan nilai sekolah (S/M) 6,00 (dengan porsi 40%) maka dia telah mendapat poin 2,40 dan untuk mencapai minimal kelulusan 4,00 siswa tersebut hanya punya kekurangan nilai UN sejumlah 1,60 dengan porsi 60% atau nilai UN murni 2,67. Jadi semakin besar nilai sekolah (S/M) akan meringankan beban pencapaian nilai murni UN.
Bisa di bilang Ujian Nasional tahun ini kurang memiliki gereget.. hehehe
Kalo mau sukses UN yang harus dilakuin :
  1. Berdoa
  2. Belajar
  3. Nurut sama orang tua
  4. Berusaha
1
UN hanyalah satu syarat yang harus di lewati untuk naik ke level selanjutnya, yang harus difikirkan apa yang akan anda lakukan setelah Berhasil melewati Ujian Nasional.

Mudah – mudahan UN bisa membuat Standar Pendidikan kita Meningkat, dan Pemerintah juga harus mempersiapkan sarana prasarana buat teman – teman yang sudah LULUS dari SMA, sediain lapangan pekerjaan bagi mereka yang tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Pemerintah harus cerdas dalam memikirkan siswa siswi yang sudah siap melanjutkan ke Lapangan Pekerjaan, jangan sampai Penganguran Merajarela..

0 komentar:

Posting Komentar