Manajemen Keuangan Koperasi

Diposting oleh Yoga De'Aria Nugroho | 0 komentar»

Manajemen Keuangan sangat penting di lakukan oleh suatu lembaga atau pun suatu perusahaan. Kegunaanya untuk memantau kondisi financial perusahaan. Begitu pula di dalam Koperasi juga perku di lakukan Manajemen Keuangan. Dalam Koperasi Manajemen Keuangan di lakukan oleh anggota Koperasi yang diawasi oleh seluruh anggota Koperasi dan pengawas kantor pusat.
manajemen keuangan koperasi adalah sebuah aktivitas pencarian modal menguntungkan dan penggunaan modal secara efektif dan efisien namun tetap memperhatikan prinsip ekonomi dan prinsip koperasi.
Dalam pengertian di atas mengandung beberapa hal, antara lain:
  1. Pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen, minimal fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), implementasi (actuating) dan fungsi pengendalian (controlling)
  2. Kegiatan pencarian modal adalah memanage aktivitas untuk memperoleh atau mendapatkan modal, baik yang berasal dari dalam maupun luar Koperasi.
  3. Kegiatan penggunaan modal adalah aktivitas untuk mengalokasikan atau menginvestasikan modal, baik dalam bentuk modal kerja maupun investasi aktiva tetap.
Prinsip-prinsip dalam menjalankan Manajemen Keuangan Koperasi juga berkaitan dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Namun ada beberapa prinsip yang harus dijedepankan yaitu :
1)      Rasionalitas

Segala tindakan harus dengan perhitungan melalui pemikiran yang masuk akal.

2)      Efisiensi

Semua tindakan harus diukur melalui pehitungan agar terciptanya kegiatan yang murah.

3)      Efektivitas

Semua kegiatanharus berkaitan antara rencana dengan tujuan yang dihasilkan.

4)      Produktivitas

Pencapaian outpun dari input yang digunakan.

Sumber :
http://blog.student.uny.ac.id/yooovie/2010/10/28/managemen-keuangan-koperasi/

0 komentar:

Posting Komentar